(Penyebab) Mata Kedutan

Seharian ini kelopak mata kiri saya bagian bawah kedutan terus. Meski tidak sakit tapi cukup mengganggu. Menurut kakaknya pamannya adiknya sahabatnya neneknya bibinya tetangga saya, itu berarti ada yang ngrasani (menggunjing/ngomongin kita dibelakan) kita. Ada juga yang bilang bakal bersedih dan sebagainya dan sebagainya.
Dulu, berhubung masih bau kencur, belum banyak makan garam apalagi belum kenal mbah Google, maka saya percaya.
Tapi sekarang, TENTU TIDAK! (dengan gaya iklan Combantr*n). Setelah saya lari ke hutan trus belok ke pantai dan tidak lupa memecahkan beberapa gelas, sayapun mendapatkan jawabannya bukan dari klinik TongFunk melainkan dari source dibawah.

Setelah saya baca artikelnya dan saya ingat-ingat seharian ini, akhirnya saya menyadari kalau kedutan saya (bisa) dikarenakan:

  1. Kurang Tidur atau Kelelahan
    Ya, mata kedutan bisa disebabkan karena kualitas tidur kita yang buruk. Maka sebaiknya kita meluangkan waktu yang cukup untuk mengistirahatkan salah satu organ vital kita ini.
  2. Gangguan Saraf Motorik ke-7
    Saya tidak begitu mengerti istilah ini. Tapi dari artikel yang saya baca, saya menangkap kalau kedutan bisa juga disebabkan karena mata yang kelelahan.
    Kelelahan juga menjadi pemicu terjadinya gangguan pada mata kita. Kelelahan bisa dikarenakan kita terlalu lama menatap layar monitor (laptop/komputer) sehingga membuat mata kita menjadi tegang. Terlalu serius menatap layar komputer juga bisa membuat kita jarang berkedip dan menyebabkan mata menjadi kering.
  3. Dystonia atau Blepharospasm
    Satu lagi istilah yang tidak saya mengerti. Tapi menurut naturopati Riani Susanto, ND, CT., mata berkedut bisa disebakan oleh faktor keturunan, trauma fisik dan infeksi. Atau bisa dikarenakan stres dan kelelahan.
    Jadi tipsnya, agar menghindari stres, kita kurangi beban pikiran dan lebih bersyukur kepada Alloh atas apa yang diberikan pada kita. Tips lainnya yaitu dengan menjaga mata dari paparan cahaya atau sinar matahari dengan berkacamata hitam (tentunya juga membuat kita jadi lebih stylish )

Nah, sekarang (kembali mengingat-ingat) saya tau, mata saya kedutan gara-gara kurang istirahat dan kelelahan. Baiklah, selain jam sudah menunjuk pukul 23.40, maka saya harus segera menyapa kasur, memeluk guling dan mencium bantal saya🙂

wenkobainSemoga bermanfaat ^_^
Wenkobain

Source:
http://doktersehat.com/kedutan-apa-itu-penyebabnya/

2 thoughts on “(Penyebab) Mata Kedutan

Leave a Reply

