Pilkada Gresik Berlangsung Hari Ini

Gresik, 26 Mei 2010

Pilkada Gresik memang dimajukan dari 27 Juni menjadi 26 Mei 2010 dengan alasan diprediksi terjadi 2 putaran. Dan saya prediksi, juga akan semakin mengeruk uang rakyat 2 putaran. #SIGH
Sebenernya ingin bisa ikutan pemilu (pilkada) tapi kenapa rasanya masih sulit untuk percaya. Mungkin memang pengecut dengan menjadi golput, tapi justru merasa bodoh ketika menyesal telah memilih.

Terlepas dari itu, takutnya kita tidak akan pernah bisa mendapati pilkada yang bersih dari money politik, seperti yang terindikasi di pilgub jatim saat ini.

Pagi ini 2 orang bertamu. Ternyata tamu-tamu itu adalah tim sukses bakal calon no X. Maunya bagi2 riski, tapi ada maksud tersmbunyi. Ibu dengan tegas menolak dan 2 orang itupun menuju pintu berikutnya.
Seseorang dalam rumah lantas erkata, “Opo’o gak dipek wae. Wong-wong kabeh yo diterimo. Lumayan gae blonjo. Engkok masalah nyoblos yo seje maneh. Ngene iki pale gak enak ditontok uwong koyok opo. ”
Ketika aku menyanggah pendapatnya, dijawab dengan kira2 seperti ini maksudnya “Kalo meninggal gak ada yang nganterin”. Jedieeeng..apa hubungannya antara menerima amplopan ma kematian. Terlalu mengada-ada. Lagian, yo cek nemene tetangga-tetangga kalo hanya karena gak “satu hati” lantas tidak membantu prosesi pemakaman >_<

Yah, betapa murah idealisme kita. Hanya seharga 20-50rb sja. Ini realita yang sudah menjadi rahasia masyarakat. Money politik terus membayangi tiap ada Pemilihan. Andaikan kita mau memikirkan jangka panjang dari uang suap ini. Orang orang ini (baca cabup cawabup) dengan enaknya menggelontorkan dan menghambur2kan duit, tidak menutup kemungkinan, kelak ketika terpilih beliau-beliau ini juga yang akan mengeruk uang rakyat lalu menghambur-hamburkannya utnuk kepentingan pribadi, golongan atau sesuatu yg gak bermanfaat.

Apalah artinya 20-50rb kalau setahun 2 tahun kemudian kita mendapati birokrasi yang mahal, pembangunan yang seret dan alokasi dana pendidikan yang tidak jelas bahkan melenceng >_<

Sedih rasanya mengingat calon pemimpin kita ini sedemikian rendahnya menghargai kita calon rakyatnya. Mereka seolah menganggap kita tidak tau apa2 dan cukup dirangkul dengan beberapa rupiah saja. Mencekoki kita dengan sembako murah, doorprize  dan obral janji di panggung hiburan.

Sebenernya sedikit tertolong dengan debat cabup cawabup yang disiarkan langsung di JTV beberapa hari lalu (bela-belain nonton karena besoknya libur gak ngajar xixixixi) dengan tema pendidikan dan perekonomian.
Sedikit menolong karena akhirnya kita bisa menilai apakah bapak-bapak ini memiliki visi misi yang cukup jelas demi kemakmuran rakyat pada khususnya dan pembangunan kabupaten pada umumnya.
Wajar, kalau dalam debat tersebut terjadi saling serang dan yang lebih parah lagi, ada salah satu pertanyaan dari salah satu cabup yang berusaha menjatuhkan cabup lainnya dengan pertanyaan yang “sedikit” su’udzon tentang anggaran pendidikkan yang diselewengkan.

Bagaimana mungkin kita bisa memilih orang2 ini menjadi pemimpin kita sementara mereka sendiri tidak jelas atau bahkan mencla mencle dlm urusan anggaran pendidikan. Mereka justru sibuk menjaring pemilih sebanyak2nya dengan cara yang tidak benar. Sebenernya emang bukan hal baru dalam dunia politik kita, tapi sangat berharap babak baru itu bisa start di Gresik.

Semoga kekhawatiran beberapa orang menyangkut kisruh pilkada Mojokerto tidak terjadi di Gresik. Jangan mau menjadi wong ndeso yang bisanya lempar batu, lempar bom atau bahkan lempar lembing (eh… :P)
Kita bisa kok menjadi pemilih yang cerdas.

Yah, hanya bisa berdoa semoga pilkada tahun ini benar2 menelorkan pemimpin yang setidaknya memiliki sedikit beberapa sifat Nabi Muhammad SAW (Siddiq, amanah, fathonah dan tabligh).
Insya Alloh…kita doain aja yang terbaik.
Semoga Gresik kelak akan menjadi kota yang semakin maju, rakyatnya makin makmur berkat jajaran Pemda yang mumpuni dan amanah. Amiiin Ya Robbal Alamiiin (^/\^)

Wenkobain

7 thoughts on “Pilkada Gresik Berlangsung Hari Ini

  1. Setauku siy terakhir aku d gresik msh dilakukan penghitungan manual. karena ada bakal calon yg g terima. Tp kyake Khusnul khuluq (Era Pak Robbach jg siy)

  2. Gresik memang harus bisa menjadi tauladan buat kota lain atau buat surabaya sekalipun. jadikan kota sebagai jujugan atau referensi buat pilkada bersih dan aman

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s