Mengenal Flashdisk

Bila ditanya gadget penyimpanan apa yg praktis, pasti para pengguna komputer akan menyebutkan USB Flash Drive yg biasa dikenal dengan Flashdisk. Flash disk merupakan media penyimpanan paling ngetrend dan populer untuk saat ini (dan tentunya masih akan terus ngetrend kalo Harddisk eksternal masih jauh dari jangkauan).

Kepraktisannya (Plug ‘n Play) membuat orang merasa wajib untuk memilikinya. Gimana enggak, anggaplah kita berada di warnet dan mendownload. Dapat dipastikan kita tinggal mencolokkan Flashdisk kita di usb drive. Tidak seperti beberapa tahun lalu yang kita masih repot2 burning data melalui CD/DVD atau bahkan yg lebih jadul lagi, Disket. Kini kita bisa menjumpai Flashdisk ditiap toko termasuk warnet dengan harga yang boleh dibilang murah dibanding beberapa tahun lalu yg 128Mb nya saja masih 200rb. Kini cukup 50-60rb saja kita sudah bisa menggondol Flashdisk berkapasitas 1Gb. Dengan ukurannya yg ramping seramping saya 10th yg lalu, sangatlah mungkin untuk menyisipkannya dimana saja bahkan dilipatan dompet sekalipun.
Berbagai varian mulai dari merek, bentuk, warna, dan kapasitas, membuat gadget ini menjadi primadona bagi kalangan pengumpul data, halah…

Sekarang, pecinta flashdisk sudah bukan lagi sekedar membeli tetapi juga memperhitungkan kecepatannya. Kalau dulu kita hanya sekedar mencari praktisnya dan kapasitasnya, sekarang kecepatan transfer datalah yg menjadi acuan untuk membeli. Seiring dengan menggembungnya media penyimpanan (yg kini 1Gb saja sudah dianggap kuno) sudah seharusnya kecepatan sebuah media penyimpanan ikut bertambah. Tapi flashdisk berkecepatan tinggi ini masih sangatlah mahal jika dibandingkan dengan flashdisk biasa. Tapi sama seperti gadget lainnya, lama kelamaan akan tiba saatnya murah juga, aamiin..😀

Nah, sekarang kita sudah mengenal baik Flashdisk. Sebenernya ini cuma tambahan saja, karena saya yakin kalian sudah lebih dari sahabat dgn Flashdisk.

Oke, cukup sekian. Semoga bermanfaat🙂
– Wenkobain –

TIPS MERAWAT FLASHDISK
1. Hindarkan dari benturan keras dan air
Buat yang suka ceroboh lebih baik berhati2 kalo membawa flashdisk.
Flashdisk rentan rusak. Makanya jangan sampai berbenturan dengan
benda lain, terkena air atau terjatuh ke lantai. Lebih baik  gunakan
pengaman seperti tali HP agar tidak mudah lepas dari genggaman.
Buat yg super ceroboh lebih baik belilah flashdisk yang dilapisi karet
sehingga tahan air dan goncangan. Tapi jangan dijadikan patokan, karena
setahan2 air atau goncanganpun yg namanya flashdisk tetep harus dijaga.
2. Hindarkan dari medan magnet dan suhu yang panas
Jauhkan flashdisk dari barang2 elektronik yg mengandung magnet seperti
TV, speaker, radio, tape, pemutar CD/DVD, dan HP. Medan magnet bisa
merusak komponen dalam flashdisk. Sementara itu, suhu yang ekstrim
juga bisa merusak peripheral komputer tidak terkecuali si mungil flashdisk.
Jangan pernah tinggalkan flashdisk dimobil, ditempat jemuran apalagi
diatas genteng. Karena selain terkena sinar matahari langsung juga bisa
mengundang tindak kejahatan. Ingat kan pesannya Bang Napi?
3. Jangan asal cabut
Selalu keluarkan flashdisk sesuai prosedur agar flashdisk terhindar dari
kerusakan. Biasanya kalau flashdisk belum siap dikeluarkan, dia akan
memunculkan pesan “The device ‘generic volume’ cannot be stopped right
now. Try stopping the device again later”.
Kalo pesan seperti itu muncul jangan sewot dulu, coba periksa apakah
saat itu muatan flashdisk masih sementara diakses program lain.
Karena Ini menandakan flashdisk sibuk beraktifitas atau bisa jadi
malah lagi kencan sama virus. Waspadalah-waspadalah!
4. Jangan malas scan virus
Masih inget kalo flashdisk merupakan media paling praktis untuk
transfer duit? Eh, data? Nah, jangan heran kalo tiba2 flashdisk
bertingkah aneh seperti di point 3. Karena tiap kali kita melakukan
aktifitas copying/moving data, bisa jadi virus2 nakal juga ikut
bertransmigrasi bedol desa. Lebih lebih yang doyan
download dr komputer warnet yg digunakan puluhan
Makanya jangan malas
orang tiap harinya. Hiy…gak kebayang deh!
untuk menscan flashdisk dan mengupdate anti  virusnya. Disamping
itu jangan pula asal mengunduh file dari internet
termasuk dari komputer atau flashdisk lain.

5 thoughts on “Mengenal Flashdisk

  1. Pingback: komputer « rofaking

  2. Coba km tekan F8 pas proses booting. Trus pilih safe mode. begitu km udah masuk ke safe mode matikan semua system restore. caranya klik control panel > System nah begitu jendela system propertiesnya kebuka pilih system restore. Beri tanda centang pada turn off system restore on all drives.
    Setelah itu buka jendela explore trus buka drive c ‘n cari autorun inf.nya n klik kanan. pilih properties n hilangkan tanda centang pada pilihan read only. jangan lupa klik ok. kalo sudah restart komputer n lihat berhasil atau g.
    Aku dulu pernah kena, ada yg bilang suruh nyoba trik td atau lewat command prompt. Berhubung aku g ngerti n g pnh ngutak atik command prompt jd aku coba cara yg pertama. ternyata bisa. smg brhsil ^.^

  3. Flesdisku kena virus autorun inf. Bagaimana menghilangkan virus tersebut? saya buth datanya. tolong

  4. flashdisku hilang. hayooo siapa yang ambil aku doain jadi kodok yang nemuin aku jadiin pacarna kodok ;p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s