Kota Gresik Sudah Makin Sepuh

Gresik sebentar lagi

ultah yang ke-521 tahun Rek!

180px-locator_kabupaten_gresik.png

 Gresik udah semakin tua, sebentar lagi akan menginjak usianya yang ke-521 tahun. Biasanya kalo lagi ultah Gresik merayakannya dengan meriah. Mulai dari pagelaran musik, acara makan2 di alon2 sampe upacara bendera. Gak jarang kadang juga diadakan beberapa acara keagamaan yang biasa diselenggarakan warga kota seperti Istighosah, doa bersama dan pengajian.

Berbagai macam predikat disandang. Mulai dari gresik kota santri, kota industri sampe kota warung kopi. Di sektor industri, sudah gak terbilang lagi jumlah perusahaan atau pabrik yang dijalankan di Kota Sunan Giri dan Sunan Malik Ibrahim ini. Mulai dari Petrokimia, Semen Gresik, Smelting, Maspion, Mie Sedaap sampe pabrik2 pengolah kayu yang banyak bertebaran disana sini. Home industri sendiri juga gak keitung deh. Ada bisnis kopyah, tas, manik manik, kerajinan perak-tembag,jenang dsb dsb.

Banyaknya pendatang dan hobi cangkruk warganya juga menjanjikan bagi para pemilik warung makan dan warung kopi. Dibeberapa lokasi juga mulai bermunculan ruko. Aku saja sampe heran, kapan ruko ini dibangun ya, kok tiba2 sudah mentereng.Seperti yang bisa kita liat dikawasan Kartini dan Jagung.

Tingkat kepadatan pendudukpun membuat sejumlah pengembang membangun real estate dan perumahan. Dulu kalo kita hanya mengenal BP Wetan, BP Kulon, GKA, Pongangan dan Perum Randuagung, sekarang bisa jadi kalo bukan orang asli Gresik bakal bingung kalo mencari rumah sanak saudaranya. Berdirinya perumahan2 seperti Gresik Kota Baru(GKB), Griya Suci Permai, Pondok Permata Suci, Perumahan Bunder sampe Alam Bukit Raya menandakan tingkat kebutuhan penduduk Gresik akan rumah yang sangat tinggi. Rumah di-Gresik laris manis. Begitu pula geliat kost-kostan dan kini yang baru ada RUSUN. RUSUN terakhir yang aku tau adalah RUSUN dijalan Dokter Wahidin sama daerah Gulomantung. Ke-dua rusun ini mengikuti pembangunan rusun sebelumnya yang deket pasar Gresik sana di Jalan Usman Sadar. Tapi denger2 mesti punya KTP Kecamatan didaerah terkait dulu baru boleh nyewa. bupati Gresik di hari lingkungan hidup

Intinya gak perlu takut deh bakal menggelandang di Gresik. Cukup kontrak rumah atau sekedar ngekost bulanan, kita sudah mendapatkan tempat bermukim sesuai dengan kemampuan kita ^_^

Dalam suatu perjalanan diangkot, aku menguping pembicaraan dua kakek-kakek yang membicarakan kondisi jalanan kota Gresik. Beliau beliau kagum dengan sigapnya dinas tata kota atau yah pihak terkait –lah yang langsung cekatan merespon keluhan warga untuk mengaspal ulang jalan kalo sudah dirasa gronjalan atau lubang2. diarea pedesaan juga gak ketinggalan. Beberapa desa sudah bisa menikmati jalan mulus beraspal. Akses dari desa ke-kota pun lancar jaya.

Hanya satu yang aku rasa kurang di kota gresik. Kalo kita perhatikan, pariwisata sepertinya kurang dilirik. Padahal beberapa lokasi cukup menjanjikan kalo di fungsikan dengan baik. Giri Wana Tirta yang disebut2 sebagai wisata baru dikota gresikpun hanya bingar diawal2 saja. Entah karena miskinnya pilihan wahana sehingga membuat tempat rekreasi yg lebih dikenal dengan Telogo Ngipik ini malah menjadi tempat pacaran.

Sebenernya banyak lho aset yang bisa dikembangkan seperti Telogo Dowo yang berada di daerah suci atau pongangan. Aku juga dapet bocoran dari temen2 kalo ada pantai yang bagus banget. Pasirnya putih,eit-bukan pantai Dalegan lho ya. Aku lupa nama pantainya. Soriii…nanti aku cari infonya lagi.

gboy-daleganres.jpg
Sementara itu Pantai Dalegan yang berada di kecamatan Panceng juga bisa menjadi pilihan wisata. Meski terbilang jauh dari kota Gresik tapi murah meriahnya membuat pantai ini dari hari kehari makin rame saja. Tinggal pinter2nya pihak yang terkait untuk mengembangkan pantai ini baik dari segi keamanan sampe kenyamanan pengunjung. Karena sampai sejauh ini hanya warga setempat yang menjaganya. Kan lumayan, kalo dikembangkan bisa membuka lapangan kerja baru.

Yah…kita doain aja deh moga kota Gresik bisa berubah menjadi New York, eh jangan-lah ya…kalo kemajuannya sih boleh.he42656X.

Pesan buat pemerintah kota Gresik, tolong yang tegas dalam menertibkan kesemrawutan para PKL dikota Gresik. Terutama PKL di kawasan Pasar Inpres. Duh…bener-bener senggol bacok ma bok-bok penjual sayurnya. Belum lagi para Bapak tukang becak yang sembarangan parkir didepan trotoar. udah PKL, Becak pula. Jalanan tambah suwempit, pikiran tambah suwempek >_<
Ayo pak Satpol PP, jangan cuman ngobraki aja. Minimal sehari sekali-lah operasi. Biar gak sehari bersih besoknya kumat lagi. Biar wajah kota Gresik semakin sumringah gitu loh. Trus tolong tuh warung2 remang yang banyak didirikan dipinggir jalan. Tolong bilangin pengelolanya atau mbak-mbaknya kalo muter house musik jangan keras-keras n pakainnya yang agak sopan doooong. Ah, tapi kayaknya susah ya. Karena warganya sendiri juga cuek aja. Atau karena udah hopeless ya.

Demikian tulisan saya. Maap kalo ada yang gak nyambung. Maap juga kalo ada kata-kata yang menyakitkan. Anggap aja kritik membangun …^_^…

Wenkobain

17 thoughts on “Kota Gresik Sudah Makin Sepuh

  1. Pingback: Ulang Tahun Gresik ke-525 « WENKOBAIN

  2. gresik makin indah apalagi ada kamu di sana….kapan2 saya mau ke sana…

  3. Dear Jina,

    Iya niy, sedih juga kl inget2 Gresik bs kesalip ama Lamongan dlm bidang pembangunan. Secara Gresik kota industri yang dibilang kota sibuk. tapi pembangunannya seret. Investor seperti ogah nanem modal n berinvestasi di gresik T__T
    Sektor pariwisata juga sepertinya hampir tidak dilirik, telogo ngipik mangkrak n tidak terawat. Sepertinya qt hanya bisa berharap dr wisata religi.
    Sebagai putra putri Gresik kita mesti ikut berjuang n berdoa biar Gresik bisa makin maju dlm segala bidang. Perjuangan bisa dengan berbagai cara kan … semangat!

  4. kotaa…… gresik kurang pengaturan yang tepat padahal kan banyak potensiiiii dari sgi pariwisata industri dan juga pendidikan sangat cemerlang dan juga bisa dibilang apbd nya sangat
    gede????????????????????? tapi kenapah ya??????? kok belum bisa maju di banding sama tetangga yang udah duluan nyampeknya

    smoga bisa mengembangkan kota ini menjadi apa yang seharus nya di capai okkkkkkkkkkkkkkk

    GOOD LUCKH!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  5. kotaa…… gresik kurang pengaturan yang tepat padahal kan banyak potensiiiii dari sgi pariwisata industri dan juga pendidikan sangat cemerlang dan juga bisa dibilang apbd nya sangat gede????????????????????? tapi kenapah ya??????? kok belum bisa maju di banding sama tetangga yang udah duluan nyampeknya

    smoga bisa mengembangkan kota ini menjadi apa yang seharus nya di capai okkkkkkkkkkkkkkk

    GOOD LUCKH!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  6. kota santri sepertinya sudah gak cocok lagi buat kota gresik. by d way aku sering liat banyak orang pacaran ngawur alias di tempat gak sepatutnya. kalo gak percaya sanggongin aja alun2 depan masjid.

  7. ehmmmmmmmmmm…gresik kotaku…tempat lahirku..tempat aku dibesarkan dan tempat aku mencari duit….hehhehehehhe…aku setuju dengan artikel kamu…buat pemda gresik, ehmmmm dengan semangat membangun desa menata kota…kita harus lebih semangat lagy yah…jadikan asset yang dimiliki gresik ini bs bermanfaan untuk APBD…jgn ampe tertinggal dengan kota sebelah….semangat kotaku…

  8. sosialisasikan yang lebih baik dalam ifen2 besar terutama oleh kepala daerah dan dinas pariwisata

  9. Mungkin sebaiknya wisata pantai Dalegan itu segera di tangani oleh pemerintah gresik karena saya pikir sdh punya nama tinggal pengembangan aja.

  10. emang industri gresik pesat. tapi masyaraktnya sendiri makin ngenes. dimana2 kerja kontrak tanpa jaminan keselamatan, gaji memadai dsb. yg makmur ya para pemilik pabrik dan pemilik CV.

  11. Pembagunan kota gresikmemang maju pesat seiring kamajuan jaman,indusri dimana-mana akan tetapi putra daerah tidak bisa merasakan dari hasil industri tersebut.
    contoh yang bekerja di kebanyan industri2 yang ada di gresik mana ada putra/putri gresik benerkan

  12. pembangunan boleh maju di gresik, cuman aku perhatikan dari dulu keindahan dan kebersihan kurang diperhatikan, lihat aja alon2 tamnnya juga nggak ok, depan gedung2 bagus, halamannya juga banyak rumput2 liar, dan penyerobotan trotoar buat jualan jga di mana-mana ayo donk gresik kan kota santri mestinya warnganya demen kebersihan dan keindahan dan patut aturan donk iya nggak?

  13. ngomong2 soal pantai pasir putih dalegan lokasi itu aku rancang untuk tugas akhirq lho…
    hasilnya bagus n pasti banyak menarik wisatawan kalo oantai ini bener2 diperhatikan oleh pemda khususnya dinas pariwisata

  14. OK.kita sbga wrga gresik bangga dengan pesatnya peumahaan tapi tata ruang kota kurang teratur hingga potensi banjis saat musim hujan,. kami harap pada PEMKAB Gresik agarc memperhatikan tata ruang kota yang bagus tidak hanya slogan saja dan menggali potensi daerah perlu ditingkatkan untuk mendongkrak PAD

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s