Pemadaman listrik se-Jawa Bali

dikutip dari Tempointeraktif

Pemadaman Listrik Mulai Diterapkan di Bali
Kamis, 21 Pebruari 2008 | 08:39 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta:
Menyusul terjaidnya defisit listrik pada kelistrikan sistem Jawa dan Bali hingga 1.500 MW, pemadaman bergilir mulai diterapkan di Bali. Masyarakat dan kalangan perhotelan juga diminta untuk melakukan penghematan listrik.

Pemadaman Listrik Mulai Diterapkan di Bali
Denpasar, Menyusul terjaidnya defisit listrik pada kelistrikan sistem Jawa dan Bali hingga 1.500 MW, pemadaman bergilir mulai diterapkan di Bali. Masyarakat dan kalangan perhotelan juga diminta untuk melakukan penghematan listrik.

Menurut Humas PLN Bali Wayan Redika, pasokan listrik ke Bali berkuran 50-60 MW akibat defisit itu. Pengurangan beban kemudian dikompensasikan dengan pemadaman pada 3 sistim jaringan di Bali dengan komposisi wilayah Bali Selatan mencapai 50 persen.

Wilayah Bali Timur dan Bali Utara masing-masing sebesar 25 persen. ”Itu dilakukan secara sporadis di tiap gardu listrik masing-masing sekitar 1,5 jam,” sebutnya, Kamis (21/2).

Adapun penghematan bisa dilakukan masyarakat dengan mematikan lampu 50 watt di masing-masing pelangan R1 dan 100 watt pada pelanggan dengan daya 1.300 watt. Pihak hotel juga diminta menggunakan genset terutama pada saat beban puncak sekitar 2 jam/perhari.

Kalangan perhotelan sendiri tidak berkeberatan dengan himbauan PLN itu. Menurut Sekretaris Jenderal Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bali Perry Markus, kepemilikan generator sudah menjadi prasyarat khusus.

”Bagi kami listik bukan hanya beban produksi tapi juga menjadi bagian dari esetetika untuk kepuasan tamu,” jelasnya. Namun dengan adanya kejadian ini, dia berharap PLB dapat mengkaji ulang pola layanannya dengan mempertimbangkan berbagai keadaan.

Rofiqi hasan

wenk’s note:

ya…moga aja orang2 di jawa timur khususnya di-Gresik bs pada berhemat. moga juga gresik gak dapet jatah pemadaman listrik. gimana sektor industri bs jalan kalo mesin gak bisa dipake. buat pabrik yg punya genset sih g masyalah. trus kita dirumah-dikantor-diwarnet(he34586X)jg jd g bs ngapa2in. jadi berasa jadul.

One thought on “Pemadaman listrik se-Jawa Bali

  1. http://ihateindon.blogspot.com Tolong Flag website ini, website yang berisi blog dari Malaysia yg jelek-jelekin bangsa indonesia. Semakin banyak yg Flag, semakin cepet websitenya di tutup. Tolong forward ke temen2 bangsa Indonesia yang lainnya yaph. Makasih. (Flag terletak di atas disebelah Search Blog)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s