TIPS BIAR GAK MALES SHOLAT N BISA SHOLAT TEPAT WAKTU

Jujur aja, kadang kalo udah dateng malesnya(atau setan dari dlm diri sndr), aku bisa gak sholat berhari2 bahkan berminggu2. tapi kalo iman udah nempel, wah…begitu udah denger suara adzan langsung melesat kepancuran atau kamar mandi. Jangan diplesetin-ya pasti buat wudlu-lah…
Yang jadi masalah kapan kita bisa disiplin sholat n waktu?
Bagi sebagian orang, sholat yang sulit dilaksanakan itu adalah sholat subuh dan isya’. Subuh karena tentu saja masih asik ‘mancal guling’(bobo) n isya’ karena kita pikir waktunya panjang jadi suka diulur2 n akhirnya malah lupa gak sholat.
The point is…lha trus solusinya gimana?

Berdasarkan pengalaman, semua sholat buatku susah banget dilakukan karena:

1. Males
Gimana biar gak males?
Aku bikin semacam cambuk atau warning buat diriku sendiri berupa tulisan diwhiteboard yang bisa aku lihat kapan saja. Lokasi whiteboard itu lebih bangus kalo bisa ketangkep mata pas kita lagi tidur2an atau lagi maen game dikomputer. Kalo ada tv dikamar ya lebih bagus sesuaikan dengan jangkauan mata pas lagi nonton tv.
Jadi, selagi kita masih males2an, tidur2an atau lagi asik nonton program buka aib seseorang(gossip) kita bakal gak sengaja liat atau secara gak sengaja ngebaca warning di whiteboard. Kalo iman masih kuat atau inget akhirat, insya Allah bisa langsung bangkit dari keterpurukan n memenuhi kewajiban.
Trus warning dlm tulisan yang bagaimana?
Terserah. Yang penting bisa bikin kita sadar. Kalo aku sndiri biasanya berupa tulisan2 kayak yang beginian nih:”eleng akherat, wenk!”, “sisihkan 50 menit dari 1440 menit yang disedekahi Allah”, “mumpung masih bisa berdiri” de el el.

Intinya yang bisa bikin kita sadar (sadar sesadar2nya) kalo kita tuh gak boleh pelit sama Allah. Masak kita udah dikasi 24 jam, nyempetin gak sampe 1 jam buat sholat 5 waktu aja gak mau. Pelit banget ya kita…

2. Sibuk
sesibuk apa sih kita sampe gak mau sholat atau kalo gak mau dibilang gak mau sebut aja lupa. Pernah dulu aku baca dimajalah atau kalo gak ya novel (lupa). Ada pekerja kantoran yang begitu sibuknya nyelesein programnya sampe lupa sholat. Diingetin temen tapi bilang nanti2. Begitu kerjaannya hampir rampung – Pettt – listrik mati – belum disave.
JDEEERRR! Stress uda pasti. Tapi dia kemudian sadar kalo itu adalah peringatan Allah.
Lha, selagi kita masih bisa menghirup udara segar yang super gratis ini (kecuali kalo lagi dipasangi oksigen dihidung) mbok ya ambil wudlu bentar trus sholat. Semoga kita semua bisa selalu mengingatNya.

3. Masih ngantuk
Kendala yang sering bikin bolos sholat subuh. Yup! Masih ngantuk apalagi sekarang lagi musim penghujan. Wah…enak banget…
Gimana bisa bangun pagi?
Sebenernya kita bisa bangun pagi, hanya kemauan aja yang gak ada. Nah menumbuhkan kemauan ini yang susah. Kadang kita udah pake alarm. Baik hp atau waker. Tapi begitu bunyi alarm nguing nguing ditelinga, hp dioff-in atau waker dimatiin. Trus tidur lagi. Lhaa ini nih yang bikin rapot banyak merahnya.


Tips bangun pagi

  • Pasang 2/lbh alarm bagi yang mampu. Seorang sahabat bilang kalo dia lagi mau ada acara pagi2 dia pasang banyak waker n ditempatkan ditempat yang tersembunyi.
    Yup! Tips yang lumayan. Bisa dipake buat bangunin sholat. Bukan sekedar bangunin tapi memaksa kita untuk bangun. Tempatkan alarm2 itu ditempat yang jauh dari jangkauan. Tubuh kita akan dipaksa untuk bangun n mematikannya. Kebayang kan, gimana bete-nya kalo lagi enak tidur waker krang kring krang kring dimana2 n kita gak bisa matiin. Nah, biasanya nih n menurut pengalamanku sendiri, kalo badan udah bangun dari tidur bakal agak sulit mulai tidur lagi. Nah saat2 inilah waktunya untuk beraksi. Cepet2 bangun – ambil air wudlu – sholat – beres! Masalh mau tidur lagi belakangan. Itupun kalo masih bisa tidur.
  • Jangan tidur terlalu malem.
    Kalo udah nonton film seru di TV, waduh, besoknya bisa ditebak bakal males bangun subuh-subuh. So, usahain jangan tidur telat lagi ya.. Hik hik tapi aku gak bisa tidur cpt khusus hari jumat. Prison break oh prison break. Omong2 musim pertama udah slese nih. Weits! Fokusss..

Yah, gimanapun semua kembali sama kita sendiri juga. Sejauh mana kita memahami hukum sholat itu n janji Allah mengenai sholat. Sebagai sesama amatir, yuk kita perdalam pengetahuan tentang sholat dan islam.🙂

Buat yang mau nambahin kasi tips dll monggo. Ditunggu ya…:-)

13 thoughts on “TIPS BIAR GAK MALES SHOLAT N BISA SHOLAT TEPAT WAKTU

  1. ya alla ya rosulallah smga sy n kluarga tdk telat/lewat sholat 5 waktu..amin

  2. When I originally commented I clicked the “Notify me when new comments are added”
    checkbox and now each time a comment is added I get several e-mails with the same comment.
    Is there any way you can remove people from that
    service? Cheers!

  3. SOLUSI UTAMA SAYA,berteman dekat dengan orang yang rajin dan disiplin dalam sholat nanti kita mula-mula akan malu karena teman kita sholat,terpaksa sih pada mula-mulanya tapi nanti terbiasa😀

  4. tak banyak orang yang mengerti tentang betapa pentingnya sholat,yang terkandang kita lupa atau melupakan diri untuk menjalankannya.so, yuk mari kita mulai berbenah diri untuk hal ini……….disiplin berawal dari hati,jika rasa disiplin sudah mengalir dalam diri insyaallah hal tersebut akan menjadi rutinitas yang tidak akan sia-sia…. AMIN!!!!!!

  5. MALAS,SIBUK n SUSAH BGN PAGI are OFFICIALLY REGISTERED TRADEMARK of a ‘WENK’ herself. however, i ever get through wit that, but i think using the 3rd way 2wake us up was ‘definetely not work’, dunno…was there sumthin wrong wit our ears???or ourself???i guess the 2nd will be correct.anyway,,,i really go wit u 2 make our SHOLAT better, u know..it’s about ‘going 2 meet’ GOD, n i dunno as well why we even so difficult 2control ourself 2 do it.bottom line,all of us are suppose 2 fix all of the pieces of our self b4 we move 2 the ‘LIGHTNESS'(jalan yg terang) 2 deny all that we’ve done from being USELESS!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s